Satuan Pendidikan : SMA
PANCA BUDI MEDAN
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 : |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 : |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 : |
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI 4 : |
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1
Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI 3.2
Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah
dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 4.1
Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman
disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz,
RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah 4.2
Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah
yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa
1945–1965 |
Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan
Integrasi Bangsa dan Negara RI ·
Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa ·
Upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI ·
Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara
dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965 |
·
Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa,
tokoh-tokoh nasional dan daerah serta film dokumenter tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI · Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan
negara RI serta peran tokoh Nasional
dan Daerah dalam perjuangan mempertahankan negara dan bangsa Indonesia
1945-1965 · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perjuangan
bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI , serta
peran tokoh Nasional dan Daerah dalam
perjuangan mempertahankan negara dan
bangsa 1945-1965 melalui bacaan, dan atau internet serta sumber sejarah lain ·
Mengevaluasi informasi dan
data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI, serta peran tokoh Nasional dan Daerah dalam
perjuangan mempertahankan negara dan
bangsa 1945-1965 ·
Melaporkan hasil rekonstruksi dalam bentuk cerita sejarah tentang
perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara
RI dan tulisan sejarah tentang salah
satu tokoh Nasional dan Daerah dalam mempertahankan keutuhan Indonesia
1945-1965 |
3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal 3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin 4.3 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis 4.4 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai dengan
Demokrasi Terpimpin ·
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan ·
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal ·
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin |
·
Membaca buku teks, melihat foto-foto peristiwa, dan film dokumenter
tentang Indonesia pada masa awal kemerdekaan, Demokrasi Liberal dan Demokrasi
Terpimpin · Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan
Demokrasi Terpimpin · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan demokrasi
terpimpin melalui bacaan, dan atau internet
serta sumber sejarah lain ·
Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal
Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin ·
Melaporkan hasil rekonstruksi dan hasil penelitian sederhana dalam bentuk
tulisan tentang perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan,
Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin |
3.5 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru 3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa
awal Reformasi 3.7 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam
perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 4.5 Melakukanpenelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis 4.6 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi dan
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis 4.7 Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa, dan
pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia |
Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Masa Orde Baru Sampai
Reformasi ·
Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru ·
Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Reformasi ·
Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
·
Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa
dan film dokumenter tentang Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi dan
peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik
dan ketatanegaraan Indonesia · Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Orde Baru, Reformasi dan peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh
masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi, dan peran pelajar, mahasiswa,
pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia melalui bacaan, dan atau
internet serta sumber sejarah lain ·
Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun
dari sumber-sumber terkait lainnya
untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan Reformasi serta peran
pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia ·
Melaporkan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan sejarah
tentang perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
Reformasi, serta peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia |
3.8 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian
dunia antara lain: KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non
Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal
Meeting 4.8 Menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda,
Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting serta
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
Peran Bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, misi
Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, Jakarta Informal
Meeting |
·
Membaca buku teks, melihat foto-foto dan film dokumenter tentang
kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi
tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia. · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan materi
tentang kontribusi bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia. melalui bacaan, dan atau internet serta sumber sejarah lain ·
Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun
dari sumber-sumber terkait lainnya
untuk mendapatkan kesimpulan tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia ·
Melaporkan hasil telaah dalam bentuk tulisan sejarah tentang kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia. |
3.9 Mengevaluasi kehidupan bangsa Indonesia dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak
Proklamasi sampai dengan Reformasi) 4.9 Membuat studi evaluasi tentang kehidupan bangsa
Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era
kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi) dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Prestasi Bangsa Indonesia Dalam Mengembangkan Iptek
Pada Era Kemerdekaan ·
Revolusi hijau ·
Teknologi transportasi ·
Teknologi kedirgantaraan ·
Teknologi komunikasi dan informasi ·
Teknologi arsitektur dan konstruksi |
·
Membaca buku teks, melihat foto-foto, dan/atau menonton film tentang perkembangan IPTEK di Indonesia
sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang
informasi tambahan yang belum
dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi
tentang perkembangan IPTEK di
Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi ·
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan materi tentang perkembangan IPTEK di Indonesia sejak
Proklamasi sampai dengan Reformasi ·
Mengevaluasi informasi dan
data-data yang didapat dari bacaan
maupun dari sumber-sumber terkait
lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan IPTEK di Indonesia
sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi) ·
Melaporkan hasil studi evaluasi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan
IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar