RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Panca Budi Medan
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
Alokasi Waktu : 180 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
-
Memahami kondisi ekonomi bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan
-
Memahami kondisi politik bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan
-
Mendeskripsikan upaya pemerintah dalam
mengatasi masalah ekonomi dan politik pada masa Awal Kemerdekaan
-
Memahami kondisi ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
-
Memahami kondisi politik bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
-
Mendeskripsikan upaya pemerintah dalam
mengatasi masalah ekonomi dan politik pada masa Demokrasi Liberal
-
Berdiskusi dan menyajikan laporan
mengenai upaya bangsa Indonesia dalam mengatasi permasalahan ekonomi dan
politik pada masa kini
B.
Media,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
: Worksheet
atau Lembar Kerja Siswa, Lembar Penilaian, E-Modul
Alat
Bahan : Laptop, Android, E-Modul
Sumber
Belajar :
Buku Sejarah Indonesia Kelas XII, Kemendikbud
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dibahas dengan pengalaman peserta didik
terhadap materi sebelumnya |
|
Menyampaikan
motivasi tentang tujuan dan manfaat dengan mempelajari materi : perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan
sampai masa Demokrasi Liberal |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh |
|
Kegiatan Inti |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
: perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa
awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyaknya
mengenai materi yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi : perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa
awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal |
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi dan saling tukar informasi mengenai perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal |
Communication |
Peserta
didik menyajikan laporan kerja kelompok/individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat dan menanggapi hasil diskusi. |
Creativity |
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait dengan materi
perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan
sampai masa Demokrasi Liberal. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup |
|
Guru
dan Peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran tentang point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian
Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan berganda dan
tertulis uraian, tes lisan/observasi terhadap diskusi Tanya jawab dan
percakapan serta penugasan
-
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian untuk kerja, penilaian
proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
Medan, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala
SMA Panca Budi Medan Guru Mata Pelajaran
Sugangsar,
S,Si Dini
Wariastuti, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar